Waktu Punya Kisah

Cinta Terbaik Sepanjang Masa

“Harta yang paling berharga, adalah keluarga. Istana yang paling indah, adalah Keluarga. Puisi yang paling bermakna, adalah keluarga. Mutiara tiada tara, adalah Keluarga”
Sepenggal lirik keluarga cemara yang artinya amat sangat bener pake banget.
Keluarga emang cinta terbaik sepanjang masa. Dibesarkan sama ibu bapak yang penuh cinta buat Anggi jadi orang paling bahagia di dunia , karena hidup dengan keselarasan keserasian dan keseimbangan dengan irama bernuansa harmonis.
Banyak pelajaran yang bisa gue ambil dari Ibu Bapak, untuk kemudian diajarkan ke buah hati gue kelak .
Waktu kecil , meskipun Ibu sama Bapak sibuk kerja, pergi pagi pulang sore, tapi gue gak kehausan kasih sayang dari mereka. Ibu sama Bapak selalu punya waktu buat anggi kecil. Tiap Malam Ibu sama Bapak selalu ngajak gue atraktif berkomunikasi, mereka selalu nanya ke gue “adek ngapain aja hari ini ? Makannya diabisin gak ? Gak nakal kan sama mba yg ngurusinnya ?” . Selalu tidur nyenyak didekap pelukan Ibu sama Bapak.
Anggi Taman Kanak-Kanak (TK)
Bapak selalu menyempatkan waktu buat jemput gue pulang sekolah, meskipun gak tiap hari. Pagi Ibu sibuk masak nyiapin bekel gue disekolah, meskipun kadang kalau gak sempet beli donat atau nasi uduk bontotnya. Pulang sekolah Ibu sama Bapak mewajibkan gue harus tidur siang, nanti kalau udah bobo baru boleh main. Malamnya ngerjain PR Bareng Ibu Bapak, ngajarin nulis dan baca. Bapak atau Ibu gak pernah absen nemenin Anggi lomba mewarnai, lomba baca doa, lomba busana muslim. Dari TK Ibu sama Bapak udah masukin gue ke Taman Pembelajaran Alquran (TPA). Ilmu Agama dan Ilmu dunia berjalan beriringan. jadi setiap abis ashar si Anggi kecil udah mandi cantik dan berangkat ngaji.
Anggi Sekolah Dasar (SD)
Bapak Ibu udah ngajarin mandiri , kelas 1 SD bareng teman – teman ke sekolah naik angkot. waktu itu ongkos angkot cuma Rp.100. Tiap Ibu sama Bapak pulang kerja mereka selalu minta diambilin air putih. mereka selalu nanya adek dapet ponten atau biji (nilai) berapa ? . coba sini cerita di sekolah tadi gimana ? dan gue selalu cerita dari awal sampe akhir, mulai dari tentang diri sendiri, temen dan semua yang gue alami saat itu. Solat Maghrib berjamaah bareng mas sama adek. Selepas Maghrib Bapak punya peraturan yang mewajibkan anak-anaknya harus belajar , kumpul bareng di ruangan, belajar dan ngerjain PR, gak ada yang boleh ngidupin Tivi. Nonton TV selesai belajar dan ngerjain PR sekitar jam 8an. inget banget, kadang Ibu suka ngomel bilang gini ” duh pak, ibu ngidupin tipi ya, pilmnya lagi seru, acaranya bagus” dan Bapak dengan tegasnya bilang ” Nanti dulu sih bu, ngalah, sabar, anaknya masih belajar ini”. Sega, Tendo, PS baru boleh dimainkan pada saat libur sekolah doang, kalo gak liburan sekolah mainannya di simpenin bapak yang kuncinya hanya dia yang tau. Semangat belajar semakin menjadi karena mereka selalu mengapresiasi prestasi anak”nya. Jadi tiap catur wulan , terus gue dapet peringkat 1/2/3 Bapak selaluĀ  menjanjikan sesuatu sebagai hadiah.
Hidup rukun dengan mas dan adek. Kalau gu nakal terus ibu mau nyubit atau nyeples paha , artha selalu menghalanginya katanya “jangan bu, jangan pukul mba “. waktu SD kelas 6 di les in di beberapa tempat, supaya masuk SMP paling bagus dan terbaik
Anggi Sekolah Menengah Pertama (SMP)
Berhasil masuk SMP paling bagus terbaik nomor satu di provinsi Lampung dengan murni dan jujur melalui tes. Hadiahnya di beliin HP pertama Nokia dengan harga 1,5jta. Ibu sama Bapak udah gak nyewa pembantu lagi, katanya anak-anaknya udah gede. jadi kita semua bahu membahu kerja sama ngurusin rumah, beresin rumah, saling bagi tugas.
Anggi Sekolah Menegah Atas (SMA)
orang paling sabar menunggu di dunia cuma Bapak, dia rela nungguin anggi seorang diri waktu Tes masuk SMP, tes masuk SMA, Tes Kuliah. pulang kerja jam 4 karena Anggi ada les smpe jam 8 malam, dia udah mejeng di dalam mobil depan GO nungguin gue pulang, entah apa yg dilakuinnya sembari nunggu gue kelar, dan gak pernah bosen :’))))). Bpak juga gak pernah absen ke sekolah buat ambil raport. Ibu atau mas yang tiap pagi ngikutin gue siapsiap sekolah sambil nyuapin makanan. mas rela banget dibangunin pagi buat anter gue sekolah Ke tempat bus, dan kadang kalau udh takut telat, dia melaju kencang ngejer bus buat gue :’))))))
IBUĀ 
Ibu kerja pagi pulang sore, tiap pagi Ibu selalu masak supaya anak-anak, dan suaminya makan. Ibu ngajarin untuk biasain diri makan gak beli di warung. No MSG. Ibu selalu menyajikan makanan terbaik, susu, buah, daging, ikan. Belajar Rapih, bersih, wangi darinya. Ibu yang gak pernah tidur kalau anaknya sakit. Ibu yang pinter ngambil hati keluarga suaminya lewat perilakunya, belajar peduli, selalu menyisihkan sebagian gajinya untuk amal dan sedekah, selalu ngajarin gue untuk tau kerjaan rumah dan kenal dapur, jadi cewek kuat yang gak gampang lelah dn ngeluh, bisa menghasilkan uang sendiri, anak suami keurus, rumah juga terurus. Selalu cerewet dan banyak omong kalau anak atau suaminya salah. Ibu selalu menuntut gue untuk solat duha, hajat, dan solat tahajud, puasa senin kamis supaya kelak nanti hidup enak. ngajarin kalau roda itu berputar kadang diatas dan dibawah, punya uang harus ditabung. setelah selesai solat malam ibu selalu mengelus kepala anak”nya sambil tersenyum. kata Ibu “pokoknya nanti kamu harus bisa kerja ngasilin uang sendiri, biar kamu enggak direndahin sama suamimu”
BAPAK
permainan kata-kata , mimik wajah, dan sorot matanya yang bijaksana tiap mengatasi persoalan. humoris dan agak nyeleneh kalau ngomong. sayang sama keluarga istrinya, gak pelit soal uang, apa yang gue minta selalu diturutin, taat peraturan banget.Apa yang kamu tanam itu yang kamu tuai. taat beragama yang gak pernah menyiakan solat lima waktu. gak pernah mukul anak-anaknya. sabarnya gak ada tanding, pekerja keras yang kalau kerja harus tekun, teliti, sungguh-sungguh, bertanggung jawab dan harus selesai. ngajarin untuk bersosialisasi sama orang. Kata Bapak ” orang tua itu bisa dikatakan sukses kalau gaji anaknya lebih besar dari gaji orang tuanya “
Mungkin kata demi kata yang terangkai dalam kalimat gak akan cukup untuk menfsirkan seberapa banyak gue bisa belajar hal -hal yang baik dari mereka.
gue cuma tau kalau mereka adalah cinta terbaik sepanjang masa

You Might Also Like

No Comments

    Tinggalkan Balasan