Review Drama dan Film

ITS OKAY THATS LOVE

Ditengah marakya drama – drama korea yang mengangkat kisah tentang kehidupan dokterdokter ahli yang sering bermain dengan pisau bedah dan bersahabat baik dengan darah , serta ilmu ilmu kedokteran lainnya,ITS OKAY THATS LOVE ini hadir memberikan nuansa yang berbeda. meskipun masih menceritakan tentang dunia kedokteran, namun ITS OKAY THATS LOVE ini spesial menceritakan tentang penyakit psikologi atau kejiwaan. Drama ini didasari oleh ilmu psikiatri namun seluruh kasus pasien, diagnosa dan cara pengobatannya hanyalah karangan belaka. ini drama recommended sekali untuk ditonton, mengisi waktu luang, menciptakan hiburan yang santai nyaman dan gratis.

Masing – masing pemain di ITS OKAY THATS LOVE ini menderita penyakit kejiwaan semua.
Kwangsoo yang terkena syndrom tourette, yakni penyakit neuropsikiatrik  yang membuat seseorang mengeluarkan ucapan atau gerakan yang spontan (tic = geraakan otot yang tiba-tiba, berulang, tanpa tujuan, biasanya pada wajah ) tanpa bisa mengontrolnya. Penyakit ini diwariskan secara turun temurun dan seringkali dikaitkan dengan pengeluaran ucapan kata-kata kotor, kasar, atau menghina namun tidak mempengaruhi kecerdasan dan harapaan hidup pasien.
Jo in Sung yang ternyata mengidap skizofrenia, penyakit mental akibat ketakutan yang berlebihan, menimbulkan halusinasi, dan juga pernah punya trauma sehingga hanya bisa tidur di kamar mandi
atau si cewek dokter psikiatri yg gue gg tau nnamanya juga ternyata memiliki sebuah trauma
ceritanya dikemas dengan apik, humor, kebersamaan, bahagia, sedih terangkum jadi satu dalam film ini
beberapa istilah kedokteran lain :
anamnesis : menanyakan keluhan, riwayat penyakit keluarga, kebiasaan, sosial, trauma dll kepada pasien.
Haloperiodol : obat untuk gangguan emosional
Lorazepam : obat untuk  menghilangkan kecemasan
bedah ortopedi : bagian  kedokteran yang menangani cedera akut, kronis, dan trauma serta gangguan lain sistem muskuloskeletal (sistem gerak).
Hiperventilasi : keadaan nafas yang berlebihan akibat kecemasan yang mungkin disertai dengan histeria dan serangan panik.
MRI (Magnetic Resonance Imaging) : salah satu tipe pemeriksaan otak
OCD ( Obsessive Compulsive Disorder) : memiliki kebiasaan rutin yang berulng-ulang, dan terobsesi akan hal tertentu misalnyaa kebersihan, kerapian dan keamanan rumah
Terapi Elektrokonvulsif (ECT) :  terapi untuk penderitaa depresi yang akan menstimulasi jaringan secara elektronis.
Genitalia :  alat kelamin, bagianbagian tubuh seksual eksternal
jadi mengingatkan gue tentang cita – cita yang tertunda jadi dokter atau seorang psikolog :”
ITS OKAY THATS LOVE bener – bener suguhan yang layak kalian nikmati karena kita juga bisa belajar dan dapet ilmu selain itu pengisi soundtracknya juga okeeeeeyy banget !!! DAEBAAK !!!
biar sekalian, selain dari film ITS OKAY THATS LOVE , ad penyakit kejiwaan lain yang gue tau tanpa disengaja , diantaranya yaitu Bipolar, waktu itu pernaah dapet tugas buat feature writing karna gue bingung tetiba buka catetan ada tentang bipolarnya Marshanda, akhirnya gu bahas tentang bipolar, yaitu sebuah penyakit saat ranah emosi sedih dan gembira bermain di skala yang sangat ekstrim. terus penyakit lainnya pas gue baca bukunya si onyol tentang truth or dare, disitu ada bagian cerita yang tokohnya mengidap sebuah penyakit Aleksitimia, yaitu kelainan psikologis yang membuat seseorang kesulitan mengungkapkan emosi, sebenarnya di otaknya terdapat kata-kata yang ingin disampaikan , namun sulit baginya untuk mengeluarkan kata-kata itu dari mulutnya. mereka tidak sanggup merumuskan dengan kata-kata apa yang mereka rasakan
kadang gue mikir , jangan – jangan gue juga penderita aleksitimia, tapi enggak juga kok ini makanya kita dituntut untuk hidup lebih berekspresi , sampaikan kalimat apa yang kita rasakan kepada orang lain, bahagia bilang ke mereka lagi bahagia, sedih yy bilang sedih, marah juga harus diungkapkan. sama kayak ibu atau ridho yang selalu bilang, kalau ada apa-apa itu ngomong jangan dipendem sendiri.

You Might Also Like

No Comments

    Tinggalkan Balasan