Review Drama dan Film

Review Drama Goblin : The Lonely and Great God 

Goblin : The Lonely and Great God baru saja merampungkan episodenya di minggu lalu. Masih tak rela harus berpisah dengan ahjussi Goblin dan Grim Reaper, apa mau dikata ada awal ada akhir. 16 episode rasanya masih membuat Dek Maya kurang puas, gimana menurut kalian dengan drama Goblin? 1 sampai 10 mau ngasih nilai berapa untuk Goblin? Kalau Dek Maya sih 10. Perfect drama dari segi alur cerita, karakter tokoh hingga soundtracknya. Nothing boring untuk menunggu episode demi episodenya. Terima kasih Goblin, mingguku jadi lebih cerah.

1

Drama Goblin : The Lonely and Great God ini tayang di TvN pada 2 Desember 2016 dan berakhir pada 21 Januari 2017. Drama ini berkisah tentang Kim Shin yang diperankan oleh Gong Yoo, ia merupakan jendral perang tak pernah kalah di jaman Goryeo. Karena kecakapannya dalam bertarung, Kim Shin dihormati bahkan dianggap sebagai dewa oleh rakyat, namun Raja yang mudah dihasut dan dipenuhi oleh kedengkian merasa posisinya terancam, Raja takut bahwa rakyatnya akan lebih memuja Kim Shin, sehingga raja memberikan pernyataan bahwa Kim Shin adalah pemberontak. Kim Shin dikepung oleh pasukan kerajaan. Tak terima dirinya dituduh sebagai pemberontak, Kim Shin melangkah dengan pasti untuk menghadap raja, namun raja malah menyuruh pasukannya untuk menghabisi seluruh keluarganya termasuk istri raja (Kim So Hyun) yang merupakan adik dari Kim Shin. Kim Shin pun terdesak, ia tahu pasti bahwa dirinya akan mati, untuk itu Kim Shin meminta pengawalnya untuk mengakhiri hidupnya dengan pedangnya. Kim Shin pun mati dengan dada terhunus pedangnya sendiri. Penasihat kerajaan, Park Joon Won (ini nih biang dari segala masalah, si iblis berwujud manusia yang berhati bengis, jago menghasut raja untuk berbuat keburukan) memerintahkan jasad Kim Shin untuk tidak dikubur dan membiarkannya tergeletak di tanah lapang agar jasadnya dapat menjadi makanan bagi hewan-hewan.

2

Namun Dewa berkehendak lain, Dia menunjukkan kuasanya, Dewa berkata pada Kim Shin “Jiwa rakyatmu telah menyelamatkanmu, namun darah ribuan orang ada di pedangmu, darah musuhmu yang juga keturunan dewa. Kau harus hidup abadi dan menyaksikan kematian orang yang kaukasihi, kau tidak akan pernah bisa melupakan satu kematian pun. Inilah hadiah yang kuberikan padamu dan hukuman yang harus kau terima”. Kim Shin hidup kembali sebagai goblin. Apa sih Goblin itu? Jadi Goblin di drama ini merupakan makhluk supranatural dia adalah air, api, angin, terang dan gelap yang terbentuk ketika suatu keinginan kuat berdiam dalam berbagai hal yang disentuh oleh jiwa yang fana. Untuk mengakhiri keabadiannya, Kim Shin harus mencari pengantinnya.

13

Hanya pengantin Goblin dapat menarik pedang yang tertancap di dada Kim Shin, setelah ditarik Kim Shin akan menjadi abu dan beristirahat dalam damai. Nah dari sekilas sinopsis ini kita bisa tahu ceritanya akan menimbulkan banyak dilema, dimana karakter utama pria mencari pengantin hanya untuk dibunuh, Dek Maya udah bisa membayangkan nantinya si Kim Shin ini jatuh cinta tapi ia harus bertarung dengan hatinya sendiri memilih untuk tetap hidup bersama pengantin yang dicintainya atau ia harus rela mati tenang di tangan pengantinnya. Hemm penasaran kan ceritanya bakalan seseru apa.

6

Suatu saat Kim Shin yang sudah 930tahun hidup kesepian, terpaksa harus menolong seorang wanita hamil yang tertabrak mobil, padahal  prinsip Goblin tidak boleh ikut campur antara kehidupan dan kematian manusia. Namun Kim Shin mengubah takdir kematian wanita tersebut, dengan tangan saktinya ia menyelamatkan wanita itu dari maut.

7

Ternyata anak dari wanita yang ditolongnya waktu itu adalah pengantinnya, Ji Eun Tak yang diperankan oleh Kim Go Eun. Eun Tak bisa melihat hantu dan arwah, ia juga memiliki tanda di leher dan dirinya sangat terkenal oleh para arwah karena dirinya adalah pengantin Goblin. Eun Tak harus merelakan ibunya meninggal di hari ulang tahunnya yang ke 9 dan untuk pertama kalinya ia bertemu dengan malaikat pencabut nyawa grim reaper yang diperankan oleh Lee Dong Wook. Malaikat pencabut nyawa menyebut Eun Tak adalah jiwa yang hilang, karena ia tidak ada dalam daftar kelahiran, seharusnya Eun Tak telah meninggal di kandungan ibunya ketika ibunya tertabrak mobil. Usai kematian ibunya, Eun Tak hidup teraniya, ia tinggal bersama bibi dan kedua sepupunya yang sering bertindak kasar padanya.

8

Takdir yang unikpun terjadi, Di hari ulang tahunnya yang ke 18 untuk pertama kalinya ia memohon dan meniup lilin, namun tiba-tiba Goblin datang tepat dihadapannya, dan heran mengapa Kim Shin bisa berada dihadapan Eun Tak, ia merasa Eun Tak telah memanggilnya. Ah di episode pertamanya Goblin : The Lonely and Great God ini sudah membuat Dek Maya terpukau dan penasaran, wah gilaa ini drama pasti seru, drama ini bagus. Itu lah penilaian Dek Maya usai menyaksikan episode 1 Goblin.

11Serunya dimana sih Dek Maya?

Goblin dan Eun Tak bertemu antara takdir dan kutukan, di episode-episode selanjutnya kita disuguhkan cerita asmara yang aneh antara Goblin dan pengantin Muda, chemistry si Gong Yoo sama si Kim Go Eun yang menggemaskan, akting imut dan cerianya Eun Tak serta Goblin yang jutek-jutek tapi koplak ah mood booster Dek Maya banget lah pokoknya.

12

Drama Goblin ini juga menceritakan kisah Lee Dong Wook yang berperan sebagai malaikat pencabut nyawa. Ia berkelana di dunia manusia dan tak memiliki ingatan tentang kehidupan dirinya terdahulu. malaikat pencabut nyawa ini bertemu dengan wanita yang membuat jantungnya berdebar. Wanita tersebut bernama Sunny yang diperankan oleh Yoo In Na, ketika pertama kali bertemu dengannya, grim reaper merasakan sakit luar biasa sehingga ia meneteskan air matanya. Dan tentunya diantara malaikat pencabut nyawa, Goblin, Sunny, dan Eun Tak memiliki hubungan, takdir dan keterikatan yang membuat kita terpesona wow daebak.

vlcsnap-2017-01-25-17h49m17s568

Nah selain hal-hal seru yang telah Dek Maya sebutkan diatas, hal lain yang harus kalian ketahui bahwa Goblin : The Lonely and Great God ini ditulis oleh Tante Kim Eun Sook, penulis yang sama pada drama fenomenal Descendants of the Sun, jadi udah gak diragukan lagi dong gimana kualitas cerita si Goblin ini. Drama ini juga merupakan comebacknya Gong Yoo setelah vakum hampir 5 tahun tidak main drama, Yap drama terakhirnya Gong Yoo itu di tahun 2012, doi main sama Lee Min Jung di drama yang berjudul Big (wuih Dek Maya anaknya drama banget yaa, apasih). Dan terakhir as you know, kalau drama Goblin : The Lonely and Great God ini mengalahkan rattingnya drama Reply 1988 dan jadi drama dengan ratting tertinggi di TvN. Karena tayang di tivi kabel, jadi banyak yang berspekulasi kalau Goblin tayang di Tivi Nasional maka rattingnya akan melebihi Descendants of the sun. So masih ragu untuk nonton Goblin? Buang jauh-jauh deh keraguanmu itu, kuy lah langsung ditonton. Wuih Dek Maya semangat banget  ngajak orang supaya nonton Goblin. Emang kenapa sih? Hmm ada beberapa hal unik yang membedakan Goblin dari drama-drama Korea lainnya. Hal unik itu diantaranya yakni :

10

1. Pertemuan takdir ditengah tengah perjuangan

Pertemuan Kim Shin dan Ji Eun Tak pun melalui cara-cara yang unik dimana untuk memanggil Kim shin, Ji Eun Tak harus meniup api, dan dalam hitungan ketiga Kim Shin akan muncul di belakang Ji Eun Tak.

Nah Kim Shin juga mempunyai kuasa untuk memainkan jenis cuaca, jika Kim Shin atau si Goblin ini galau sedih maka akan turun hujan, Goblin bahagia bunga-bunga bermekaran, Goblin senyum? Hm manisnya kebanyakan haha.

vlcsnap-2017-01-25-17h02m18s139

Kim Shin juga memiliki pengikut yang setia melayaninya sejak 900 tahun lamanya, anak, cucu, dan cucu dari anak-anak, generasi ke generasi keluarga Yu ini telah menjadi pendamping Kim Shin, Yu Deok Hwa yang di perankan oleh Sung Jae BTOB menjadi keponakan Kim Shin yang rada nyeleneh, sering menggunakan bahasa yang tidak formal pada Kim Shin, cita-citanya adalah mendapatkan kartu ktedit dan menjadi pewaris perusahaan. Deok Hwa adalah karakter yang dapat dipercaya dan bertanggung jawab, ia sering kali diberi tugas oleh Kim Shin untuk menyelesaikan beberapa masalah yang ditimbulkan oleh Kim Shin. Deok Hwa juga sering kali dirasuki oleh Dewa, nah kalau kata netter si Deok Hwa ini merupakan Dewa pembentuk takdir.

17

Tak seperti drama romantis lainnya, malaikat pencabut nyawa pun memiliki hal unik tentang pertemuannya dengan Sunny. Biasanya adegan tangkap dan jatuh kepelukan erat sekali tertanam pada drama romantis ketika sang wanita hendak terjatuh, tapi di drama Goblin : The Lonely and the Great God ini, si Grim Reaper punya caranya sendiri untuk membantu wanitanya agar tidak terjatuh hahaha.

14

Hobi Grim Reaper dan Yu Deok Hwa adalah menonton drama serial, kalau di Indonesia ini macem sinetron lah lakik kok hobinya nyinetron haha

9

2. Kehidupan luar biasa nan aneh diantara dewa-dewa tersebut.

Gimana jadinya jika malaikat pencabut nyawa dan Goblin tinggal si satu atap yang sama. Kita akan tertawa melihat bromance diantara mereka yang tak pernah akur, adu kekuatan diantara Goblin bodoh dan Malaikat pencabut nyawa tak punya otak.

15

Kehidupan konyol antara makhluk 900 tahun dan 300 tahun yang mencoba berkomunikasi dengan smartphone terbaru. Serta ekspresi bego grim reaper dan Kim Shin saat mereka ketakutan untuk pertama kalinya mereka mendengar seseorang memencet bel rumah.

vlcsnap-2017-01-25-17h09m00s000

Tapi dibalik pertengkaran aneh mereka, sebenarnya mereka ini saling sayang kok,saling membantu dan saling memberikan solusi. mereka juga memiliki takdir di masa lalu, masalah yang belum terselesaikan. Apaan emang? Udeh nonton aj nanti gg seru kalau diceritain semua wkwk.

vlcsnap-2017-01-25-16h25m39s654

Dan dari semua itu Dek Maya paling bahagia kalau Grim Reaper dan Goblin berjalan dengan gagahnya di dalam gelapnya malam atau gelapnya terowongan dan soundtrack Round and Round yang terdengar sebagai pelengkap kebahagiaanku, ah belum bisa move on. Haha paling lucu sih pas mereka ngucapin happy new year, saat Goblin dan Grim Reaper pulang dari pasar dengan menenteng belanjaannya, mereka berjalan di terowongan, udah begaya jalannya bak model top, ganteng dan gagah eh ternyata malah diklakson pengendara sepeda motor HEOL.

vlcsnap-2017-01-25-17h28m14s700

3. Menyisakan hal-hal ganjil yang pantas untuk dipertanyakan

Selalu ada makna dari setiap peristiwa kan? Nah di drama goblin ini masih banyak pertanyaan yang mengawang di pikiran Dek Maya tentang interpretasi simbol yang ada. Mengapa penjelmaan Tuhan di drama Goblin : The Lonely and the Great God ini kupu-kupu? Lalu mengapa Ji Eun Tak selalu mendapatkan hadiah di ulang tahunnya dengan sesuatu yang berwarna hijau, mulai dari Kubis dan bunga soba?. Kemudian ada apa hubungannya dengan angka 9, drama ini mengisahkan peristiwa dalam kehidupan Eun Tak ketika ia berusia 9 tahun, 19 tahun dan 29 tahun.

vlcsnap-2017-01-25-17h41m18s677

Kemudian penjelmaan Goddes yang memakai pakaian serba merah, bukan kah merah itu identik dengan setan ya? Tapi di drama ini Goddes berpakaian merah yang terkadang berwujud sebagai nenek adalah dewi yang memberikan keberkahan. Lalu tentang kepercayaan akan renkarnasi dengan wajah dan watak yang sama.

3

Kemudian tentang tugas malaikat pencabut nyawa yang selalu memberikan minuman surga atau teh yang membuat orang mati melupakan kenangan, dalam drama ini malaikat pencabut nyawa merupakan penggambaran sebagai wakil manusia yang mati karena dosa besar atau bunuh diri dan lupa akan ingatan di kehidupannya. Lalu cerita saat Eun Tak telah mencabut pedang Kim Shin dan Kim Shin menjadi abu, tapi ternyata Goblin bertahan hidup sendirian, dan terjebak diantara dunia dan akhirat diantara hidup dan mati dan bahkan di tempat yang diabaikan sang maha kuasa, selamanya dia terjebak disana. Tapi ternyata Kim Shin kembali saat Eun Tak meniup lilin ulang tahunnya yang ke 29tahun. Jadi setelah Kim Shin kembali, dia ini apa? Masih Goblin kah? Ah terserah tante Kim Eun Sook aja deh yang membuat ceritanya, dek Maya juga sangat menikmati ceritanya so far so good.

5

Dari drama Goblin : The Lonely and the Great God ini kita bisa belajar beberapa hal dimana Tuhan tidak akan mengubah takdir manusia kecuali manusia itu yang merubahnya sendiri. Terkadang kita sering kali menyalahkan Tuhan atas kesulitan hidup dan menyalahkan Tuhan atas kehidupan yang kita jalani, padahal kalau katanya Deok Hwa yang sedang di rasuki Dewa berkata “Dewa hanyalah penanya (pulpen), takdir adalah pertanyaan yang aku berikan, temukan jawabanmu sendiri,”

19

Drama ini juga membuat kita percaya bahwa dalam kehidupan ini setidaknya akan berakhir dengan bahagia. Jadi kalau belum bahagia, jangan khawatir karena ini bukan akhir.

Dan lagi-lagi dalam drama Goblin : The Lonely and the Great God memberikan kita untuk berfikir terbuka bahwa apa yang kita tanam itulah yang kita tuai. Dalam drama ini setiap manusia memiliki 4 tahap kehidupan tahap kehidupan pertama adalah yang ditanam, kemudian tahap kehidupan yang dipelihara, lalu dipetik dan yang terakhir adalah tahap kehidupan yang dinikmati.

20

Terakhir adalah kalimat bijak dan romantis yang disebutkan oleh para pemain Goblin : The Lonely and the Great God.

– Kalimat romantis pernyataan Kim Shin yang jatuh cinta untuk pertama kalinya.

“Seorang gadis seperti lembayung, seorang gadis bergerak seperti kelopak bunga, menarikku ke arahnya dengan kekuatan yang lebih dari massanya, saat itu seperti apel newton, aku berguling ke arahnya tanpa henti sampai aku jatuh padanya, dengan bunyi bedebam, jantungku terus memantul, ini cinta pertamaku,”

18

– Surat perpisahannya Sunny untuk Grim Reaper

“Aku berdoa di kehidupan kita selanjutnya, penantiannya sebentar dan pertemuannya lebih lama, sehingga kita tidak butuh alasan untuk saling bertemu. Memberi makna dari namamu sendiri, sehingga kita bisa saling menyapa, saat kita tidak sengaja berpapasan, dengan cinta kita sebagai solusinya. Aku berdoa kalau kita bisa bertemu seperti itu. Aku bahagia hanya karena melihat wajahmu, terkadang namamu Kim Wo Bin dan terkadang namamu Wang Yeo semoga kau panjang umur dan bahagia.

21

-Perkataan Grim Reaper ketika menyaksikan kematian Ji Eun Tak

“Pengorbanan seorang manusia adalah hal yang tidak bisa di prediksi sang Maha Kuasa, itu bukan bagian dari rencananya, itu karena naluri yang ada di diri manusia dan sebuah pilihan yang semata-mata dipilih oleh manusia. Itu sebuah pilihan hanya manusia yang melakukannya”

– Pada saat hidup dan mati buatlah harapan dengan keinginan yang kuat, seorang pencipta berhati lembut mungkin akan mewujudkan harapan itu.

– Kenangan akan segera dilupakan dan yang tinggal hanya kehampaan.

– Bukankah melupakan itu cara terhebat agar kau tidak bersedih lagi.

– Setiap orang punya masa ketika Tuhan ada di hidup mereka, saat kau sedang jauh lalu ada seseorang yang kembali membawamu kehidup yang sebenarnya, itu adalah saat ketika Tuhan hadir untukmu.

– Kesedihan tidak selamanya ada, begitu juga dengan cinta

22

– Percakapan antara Eun Tak dan Goblin

Goblin : “Tidak ada kesedihan yang berkepanjangan, tidak ada juga cinta yang bertahan lama,”

Eun Tak :”Aku akan memilihnya,”

Goblin :”Yang mana yang kau pilih? Cinta atau Kesedihan?”

Eun Tak :”Cinta yang sedih”

AH Goblin : The Lonely and the Great God adalah drama romance fantasy terbaik yang membuat penonton tertawa dan menangis, terhanyut dalam suasana cerita dan lakon pemainnya.Nomu nomu chuwo!!

You Might Also Like

No Comments

    Tinggalkan Balasan