Review Drama dan Film

Review Drama Moon Lover : Scarlet Heart Ryeo

Sebelumnya sempat ragu untuk menonton drama Moon Lover : Scarlet Heart Ryeo karena dramanya saeguk (drama kerajaan) historical drama dan itu berarti pria-pria di drama ini berambut panjang semua, jadi males karena pasti ceritanya tentang tahta kerajaan. Namun di beberapa akun media sosial, banyak temen yang posting pada nonton drama ini, di path banyak yang listening ost drama Moon Lover : Scarlet Heart Ryeo dan pada komentar kalau dramanya bagus banyak pangeran tampan. Duh gue bukan tipe tipe cewek yang kalau nonton drama Korea dilihat dari pemainnya. Mau setampan apapun pemainnya tapi kalau ceritanya jelek, gue mah ogah nontonnya. Tapi mau sejelek atau setua apapun pemainnya kalau ceritanya bagus, pasti gue tonton. Lihat sekilas tentang sinopsis ternyata tentang perjalanan waktu kembali ke zaman dinasti Goryeo (zaman bahela). Wah sepertinya bagus nih kalau fantasy gitu gue emang paling seneng nontonnya karena biasanya yang mustahil terjadi terus dibuat cerita pasti unik nih dramanya. Okeh on going tayang di korea baru sampai episode 11. Dan gue mulai donlot tuh drama dari episode 1 sampai 8. Zeng-zeng setelah menonton episode perdana aaakk I fall in to Moon Lover : Scarlet Heart Ryeo. Ceritanya lebih membuat gue penasaran apa sih yang bakalan terjadi selanjutnya.  Yeah I can’t stop thinking about what will happen and how it end.

Drama Moon Lover : Scarlet Heart Ryeo ini tayang di stasiun tv SBS pada tanggal 29 Agustus 2016 dan berakhir pada 1 November 2016 dengan jumlah episode sebanyak 20. Drama yang mengambil setting ada era Goryeo ini merupakan adaptasi dari novel Tiongkok dengan judul Bu Bu Jing Xin yang publish original pada tahun 2005. Nah pada tahun 2011 chinese hunan broadcasting system (hbs) membuat drama series ini dengan judul Scarlet Ryeo. Drama Moon Lover : Scarlet Heart Ryeo ini diperankan oleh IU (Hae Soo), Lee Jon Gi (Wang So, 4th prince), Kang Ha Neul (Wang Wook, 8th prince), Hong Jong Hyun (Wang Yo, 3rd prince), Nam Joo Hyuk ( Wang Wook atau Baek A, 13th prince), Baek Hyun (Wang Eun, 10th prince), Ji Soo (Wang Jung, 14th prince), Yoon Sun Woo (Wang Won, 9th prince). Duh castnya banyak banget cuy nah ketujuh pria itu berperan sebagai pangeran yang masing-masing memiliki karakter dan kepribadian yang berbeda.

scarlet-6

Drama Moon Lover : Scarlet Heart Ryeo berkisah tentang Hae Soo gadis berusia 25 tahun di era modern yang malang karena dikhianati oleh kekasih dan sahabatnya sendiri. Saat itu Hae Soo tengah meratapi nasibnya di tepi sungai, namun tiba-tiba ia melihat seorang bocah yang hampir tenggelam, Hae Soo pun terjun ke sungai untuk menyelamatkan bocah tersebut, namun tiba-tiba gerhana matahari terjadi dan membuat ia kembali ke masa lalu, dan terjebak di era Goryeo. Hae Soo pun terperangkap pada konflik perjuangan diantara pangeran dari keluarga Wang untuk memperebutkan tahta kekuasaan sebagai raja. Yap beberapa episode awal kita masih disuguhkan dengan tingkah kocak dan konyol antara Hae Soo dan para pangeran. Suasananya masih  hangat, perebutan kekuasaan yang membuat penonton was-was masih belum terjadi, kita masih dibuat tertawa haha hihihi. Dan episode demi episode berlalu yak mulai terjadi ketika pangeran ketiga (Wang Yo) berambisi kuat untuk menjadi raja dan berniat membunuh putra mahkota. Sesuai dengan judulnya yakni Scarlet Heart yang bermakna merah terang atau dalam artian lain mungkin maksudnya adalah penuh semangat, berkeinginan kuat, bertujuan dan optimis drama ini menceritakan tentang intrik politik dalam perebutan takhta kekuasaan serta kisah cinta yang membuat emosimu bersemangat dan menggebu-gebu. Gue pribadi nontonnya pun terhanyut dalam suasana yang ada dalam adegan drama itu, lucu ya gue ketawa, permainan politik ya gue juga ikut mikir dan waswas khawatir, adegan drama sedih ya gue nangis. Yap film yang bagus dan sukses itu adalah film yang berhasil membangun emosi penonton seperti drama Moon Lover : Scarlet Heart Ryeo.

vlcsnap-2016-11-06-01h25m31s065

Yap inilah beberapa alasan mengapa kalian sebaiknya menonton drama Moon Lover : Scarlet Heart Ryeo

  1. The drama itself is using top idols and actors

Yak ada Lee Jun Ki sang master of historical drama, kalau dia udah main dalam drama kerajaan pasti bakal bagus, sebelumnya gue lihat dia main di Arang and the Magister dan drama Schoolar Who Walks at Night, well gue terpukau dengan kelihaian akting si oppa Jun Ki. Berarti di drama Scarlet Heart Ryeo ini juga pasti akan bagus. Selain itu bonusnya untuk para wanita pecinta drama korea, mata kalian akan disuguhkan kenikmatan untuk bisa memandangi enam pangeran-pangeran tampan lainnya. Pastinya sungguh kenikmatan yang hakiki bagi kaum hawa bisa menyaksikan para pangeran tampan beradu akting. Nah karena ada para pemain tampan ini, Scarlet Heart Ryeo jadi makin hits sehingga memimiki harga penjualan tertinggi, mengalahkan drama Descendants of the Sun dengan penjualan 400 ribu usd per episodenya.

44680638-cfdb-4e2a-9aa3-463db7775c43

  1. One of the best romantic love stories in 2016.

Gue suka banget dengan kisah cinta para pemain drama ini. Yeah the love was accompanied by inconceivable heart. Mulanya Hae Soo jatuh cinta kepada pangeran ke 8 (Wang Wook) namun seiring berjalannya waktu, Wook berubah menjadi seseorang yang berambisi jahat untuk menjadi raja sehingga pada akhirnya Hae Soo melabuhkan hati dan cintanya pada pangeran ke 4 (Wang So).Lee Jun Ki yang berperan sebagai Wang So dalam drama ini adalah pangeran yang dinilai paling dingin dan misterius. Wang So terpaksa menyembunyikan bekas luka yang ada di wajahnya dengan topeng. Sepanjang hidupnya Wang So adalah seorang pangeran yang paling menderita karena ditelantarkan oleh ibunya (Permaisuri Yo), diasingkan jauh dari istana, dan dianggap membawa sial, sehingga untuk tetap bertahan hidup, Wang So pandai berkelahi tak heran jika terkadang ia menyelesaikan masalah dengan membunuh orang. Perlahan hidup pangeran ke 4 mulai berubah sejak kemunculan Hae Soo dan membuatnya jatuh hati.  Meski terkesan bengis, tapi Wang So adalah pria yang memberikan sangat amat banyak cinta untuk hae soo. Ah kisah cinta mereka buat gue melting.

vlcsnap-2016-11-06-01h12m40s729 vlcsnap-2016-11-06-01h31m11s143

Selain kisah cinta antara Hae Soo dan Wang So, ada juga kisah cinta pangeran ke 10 (Wang Eun) yang diperankan oleh Baekhyun EXO dengan putri jendral perang Park Seon Dok yang diperankan oleh Z-Hera. Yap kisah cinta mereka ini lucu bikin gemes deh.

scarlet-4

Kemudian ada juga kisah cinta pangeran ke 13 (Baek Ah) yang di perankan oleh Nam Joo Hyuk dengan putri Woo Hee yang diperankan oleh Seolhyun SNSD, kisah cinta mereka ini paling dramatik kalau menurut gue. Dan yaap yang paling beruntung adalah IU sebagai Hae Soo, ia dikelilingi banyak cinta dari pangeran.

scarlet-5

  1. You can learn something about politic strategy

Selain kisah cinta, drama historical tentang kerajaan Goryeo ini juga dipenuhi dengan unsur politik, menggulingkan putera mahkota untuk menjadi raja, pemberontakan, dan so many people had to die because of their devotion and survival. Dalam drama ini kamu bisa mengerti sedikitnya tentang kekejaman dunia politik pada zaman Goryeo dimana sesama saudara saling perang berebut kekuasaan demi mendapatkan takhta sebagai seorang raja. Ya siapa saja ingin menjadi raja, posisi paling atas yang sangat berkuasa, dapat berbuat semaunya dan disegani oleh rakyat.

vlcsnap-2016-11-06-01h27m15s173

Nah Hae Soo yang berasal dari masa depan ini pun memiliki misi, ia tahu bahwa raja selanjutnya yang memimpin Goryeo adalah gwanjong atau pangeran ke 4  (Wang So) namun Hae Soo melihat banyak pertumpahan darah pada masa pemerintahannya, gwanjong adalah raja yang membunuh saudara-saudara dan hambanya, untuk itu ia bertekad untuk mengubah masa depan gwanjong, untuk mengubah sesuatu yang buruk menjadi hal yang baik. Hae Soo ingin Gwanjong tidak dikenal dalam sejarah sebagai raja yang bengis. Hae Soo selalu berpesan kepada Wang So jika ia menjadi raja semarah apapun , Wang So harus bisa menahannya dan tidak boleh membunuh orang.

  1. Amazing soundtrack

Yeah musik pengiring dalam drama scarlet ini keren-keren banget, easy listening dan pastinya mendukung suasana cerita yang ada di dalam drama. Ostnya pokoknya top-top semua deh. I just realized that scarlet heart using top and popular singers like EXO, Lee Hi, Davichi, Taeyeon SNSD, Baek A Yeon, Akdong Musician, Loco and Punch.

  1. You can learn about history and culture in Goryeo era

Nonton drama Scarlet Heart Ryeo setidaknya kamu bisa mengerti tentang budaya zaman kerajaan Goryeo yang ada pada seribu tahun lalu. Dalam drama ini kita tahu bahwa raja atau keluarga kerajaan memanfaatkan pernikahan untuk bisa mengendalikan situasi. Kemudian kesenjangan sosial yang masih sangat tinggi diantara perbedaan kasta, kalau dia bukan anak orang penting maka dia tidak akan dihargai, Kau diperlakukan dengan baik jika kau berasal dari keluarga terpandang, kau akan dihargai jika kau menikah dengan keluarga terpandang. Lalu harus membuang siapa yang bisa dibuang. Di dalam istana tidak seharusnya mencari alasan untuk menghentikan sesuatu, tapi harus dengan berbagai cara mencegah sesuatu terjadi.
Jika ada bekas luka tidak bisa menjadi istri raja.  Istana adalah tempat yang paling berbahaya jika bicara sembarangan terutama menyangkut tahta dan keluarga kerajaan. Istana itu sulit untuk masuk tapi lebih sulit lagi untuk keluar. Kau akan mati jika percaya pada org lain. Waspadalah kepada setiap org yang ada didekatmu, dengan begitu kau bisa bertahan hidup. Tidak peduli siapapun dia pasti sendirian, istana adalah tempat untuk merasakan kesepian. Yap drama ini menjelaskan bahwa sebetulnya posisi raja yang begitu didambakan adalah hampa. Hanya demi posisi itu, raja mengorbankan wanita yang dicintainya, pangeran harus berkelahi dengan saudara-saudaranya. Kursi raja adalah kursi yang sangat menakutkan.

vlcsnap-2016-11-06-01h26m05s528

Meski berakhir dengan tragis dan sad ending, tapi drama ini gak buat gue kecewa. Terima kasih juga karena drama ini bisa buat gue nangis di beberapa episodenya. 10 nilai untuk drama ini ah perfect lah pokoknya. Bingung si ngejelasinnya sad ending tapi akhirnya bahagia karena Wang So atau gwangjong adalah raja yang baik dan bijak, ia pelopor emansipasi budak yang ditahan dalam masa peperangan. Dari drama scarlet heart ryeo ini gue bisa ambil  beberapa pelajaran, ya sesuai kata Hae Soo bahwasanya orang baik sekalipun tetap akan mati, jadi lakukan semua yang ingin kau lakukan. Kemudian drama ini lagi-lagi mengajarkan kita bahwa apa yang kamu tanam itulah yang kamu tuai.

scarlet-8

Oiya selain itu ada kutipan dari drama ini yang menurut gue itu so sweet banget

scarlet-7

“Jika aku tidak memiliki Hae Soo aku tidak punya masa depan, aku tanpa anak itu bukan apaapa” Wang So.

“Saksikan apa yg akan terjadi. Jangan berbicara dan tetaplah diam akan hal yang tidak bisa kau rubah. Kalau kau tidak bisa mengacuhkan halhal yg terjadi, kemanapun kau pergi situasimu tidak akan berubah. Jangan terlalu terobsesi dengan masa depan, jika tidak kau akan kehilangan segalanyaa yg kau miliki sekarang,” Raja Taejo

“Akhirnya hanya ada kita berdua kau dan aku, sekarang aku bisa melupakan semua kebenaran dan kebohongan, kesalahpahaman dan kecemburuan, perebutan takhta dan kematian. Dan aku disini hanya mencurahkan waktuky hanya untuk mencintaimu,” Hae Soo

“Hidup ini bagaikan mimpi, benar dan salah, cinta dan benci. Semua hal itu terkubur seiring berjalannya waktu dan menghilang tanpa meninggalkan jejak. Aku selalu khawatir kalau aku mungkin telag meninggalkanmu dengan rasa kebencian bukannya cinta dan membuatmu hidup dengan kegelisahan. Aku masih mencintaimy ketika kau mengorbankan segalanya dan berada disisiku dalam derasnya hujan, ketika kau membahayakan tubuhmu untuk melindungiku dari anak panah, kau sudah jadi seseorang yg tidak pernah bisa kulupakan dalam hidupku. Aku menyadari bahwa lawan dari cinta bukanlah kebencian melainkan kepergian,” Hae Soo

“Hidup itu cepat berlalu,” Wang So

“Seandainya kita bertemu di dunia lain dan di lain waktu, aku berfikir alangkah baiknya itu, aku pasti tidak takut akan apapun, aku bisa bebas mencintaimu,” Hae Soo

“Jika kita tidak berasal dari dunia yang sama maka aku akan menemukanmu, my Soo,” Wang So.

You Might Also Like

5 Comments

  • Reply
    momo taro
    6 Desember, 2016 at 04:23

    waaaaaaaa…. saya suka sama drama ini

    • Reply
      anggimayavio
      6 Desember, 2016 at 12:01

      samaa suka banget mulai dari cerita sampe akting para pemainnya ^o^

  • Reply
    anggimayavio
    16 Desember, 2016 at 14:02

    butuh extra episode nih 😀

  • Reply
    rifa
    18 Desember, 2017 at 06:20

    Hallo ka salam kenal, aku juga baper banget sama drama ini ngikutin dr on going dan sampe sekarang udh setahun lebih msh suka nonton dramanya tetep selalu bikin nangis sesenggukan, drama terbaper kalau menurut aku parah dibikin baper berkepanjangan huhuhu dramanya gada celah cuma satu sih yg bikin ganjal itu kenapa sih ibunya wang soo jahat bgt sampe dia mau meninggal aja tetep gamau mengakui wang so kan kasian. Tapi sayangnya pas on going drama ini rattingnya bad cuma grgr banyak yg gasuka sama iu pdahal dramanya seru parah, tapi setelah tamat orang2 korea pd nonton grgr banyak yg review drama moonlovers dan mereka akhirnya nonton juga lucunya mereka baper juga malah sampe skrg bapernya wkwkwkw kocak lagian netizen korea mah. sampe skrg banyak gosip beredar kalau moon lovers bakal ada sequelnya semoga beneran terlaksana, masih pengen liat wang so sama hae soo.

    • Reply
      anggimayavio
      20 Desember, 2017 at 23:05

      Halo rifa, iya bgt nih pas tahun lalu ya november desember dramanya tayang. Sama bgt aku smpe sekrg masih suka juga dengerin soundtracknya sambil ingetinget dramanya. Aku jg heran ini masih rame aja yg baca reviewku haha. Iyaaaa biasanya klo bnyk bgt ya request bsa dibuatin seasonnya semoga aja ya

Tinggalkan Balasan