Review Drama dan Film

Review Mr. Sunshine, Drama Korea yang Disebut Terbaik Sepanjang Masa

Finally nemu drama Korea terbaik di tahun 2018. Mr. Sunshine! Drama Korea yang bikin Dek Maya jatuh cinta saat 10 menit penayangan awalnya. Raih ratting yang besar, Mr. Sunshine ini juga digadang-gadang jadi drama terbaik sepanjang masa. Penasaran ceritanya seperti apa?

Mr. Sunshine yang dibintangi oleh Lee Byung Hun, Kim Tae Ri, Yoo Yeon Seok, Kim Min Jung, dan Byun Yo Han ini sukses bikin Dek Maya depresi, ketawa, hingga berderai air mata. Wagelaseh!!! Ceritanya luar biasa, kisah cinta yang dramatis sampai patriotisme dan semangat juang yang tinggi untuk negara di Mr. Sunshine bikin Dek Maya kagum.

Terdiri dari 24 episode, Mr. Sunshine tayang di TvN dan juga merupakan serial original Netflix. Drama Mr. Sunshine merupakan besutan Kim Eun Sook, penulis naskah Descendant of The Sun dan Goblin. Karena ratting Mr. Sunshine ini tembus 20 persen maka drama ini disebut sebagai drama Korea terbaik sepanjang masa.

Tamat pada 30 September kemarin, Mr. Sunshine ini merupakan drama sejarah. Tak seperti drama di zaman Joeson yang kebanyakan bercerita tentang tahta kekuasaan, dan intrik politik menggulingkan raja, Mr. Sunshine ini unik karena melibatkan negara sekutu, yakni bagaimana Jepang ingin menguasai Jeoson, dan juga andil Amerika di pemerintahan Joseon.

Mr. Sunshine bercerita tentang seorang anak budak berusia 9 tahun yang orangtuanya disiksa oleh majikannya. Ia adalah Lee Byung Hun kecil yang berperan sebagai Choi Yu Jin. Yu Jin berhasil lari dan akhirnya kabur sampai ke Amerika. Agar bisa diterima sebagai warga Amerika ia pun jadi tentara dan namanya menjadi Eugene Choi.

30 tahun kemudian, ditugaskan ke Korea dan bertemu dengan Kim Tae Ri yang berperan sebagai Go Ae Shin. Ae Shin adalah seorang putri bangsawan yang dipandang terhormat oleh masyarakat. Tak seperti bangsawan pada umumnya yang menghabiskan waktu dengan membaca atau menyulam, Ae Shin berlatih tembak dan bergabung dalam Pasukan Kebenaran.

Selain dua tokoh utama itu, ada juga Yoo Yeon Seok yang berperan sebagai Gu Dong Mae, seorang anak jagal (pemotong daging) yang hidupnya tersiksa dan kabur ke Jepang kemudian kembali ke Korea jadi Yakuza. Ada juga Byun Yo Han yang berperan sebagai Kim Hee Sung, dan Kim Min Jung yang berperan sebagai Hina Kudo. Keempat pemeran ini juga punya cerita seru tersendiri di Mr Sunshine.

Drama Mr. Sunshine sih sudah tamat, tapi ceritanya masih membekas di benak dan pikiran Dek Maya. Meskipun rada telat untuk review Mr. Sunshine, nyoh ku kasih alasan kenapa kamu harus banget nonton Mr. Sunshine.

https://www.instagram.com/p/Bk7whNonz-w/?taken-by=mrsunshinenetflix

1. Pemain Mr Sunshine

Ada Lee Byung Hun dan Kim Tae Ri di Mr. Sunshine. Nggak usah diragukan lagi kerennya akting si om Lee Byung Hun ini, dia udah main film Hollywood, dan kerap main drama dengan genre action. Mr. Sunshine jadi drama come backnya Lee Byung Hun setelah 8 tahun vacum dan terakhir membintangi Iris. Sementara itu, Mr Sunshine juga jadi drama perdananya Kim Tae Ri setelah selama ini selalu bermain dalam film Korea.

Ada juga Yoo Yeon Seok yang jadi lead male di Romantic Dr. Kim dan Warm and Cozy. Semua pemain Mr. Sunshine bisa membawa karakter dan peran dengan sangat apik. Gilak akting mereka tuh keren banget!!! Dek Maya nggak bisa kebayang juga bakal gimana kalau Mr. Sunshine ini nggak diperankan oleh mereka.

2. Alur Cerita yang Bikin Greget

Seperti yang tadi Dek Maya sebutkan kalau Mr. Sunshine ini beda dari cerita sejarah Korea di zaman Joseon pada umumnya. Tidak ada perebutan takhta kekuasaan di lingkungan kerajaan, tetapi lebih ke peperangan untuk membentuk Joseon yang merdeka. Bagaimana perjuangan masyarakat Joeson dan sistem kerajaan yang ingin negaranya bebas dari penjajah Jepang. Peperangan, pembantaian, mata-mata, intrik politik hingga cinta, dan beberapa scene kocak juga disuguhi di Mr Sunshine.

Alur ceritanya ribet, aku juga nggak bisa jadi peramal yang bakal tahu gimana cerita Mr. Sunshine akan bermuara. Ceritanya rumit dan sulit dimengerti, jadi kamu yang nonton Mr. Sunshine harus berkonsentrasi biar paham dan mengerti maksudnya. Meskipun rumit, Dek Maya nggak bosen nontonnya karena selalu disuguhkan scene-scene menarik dan tak terduga.

3. Sinematografi Ciamik

Adegan tempat Amerika Serikat, Jepang, dan Joseon ditampilkan dengan sinematografi yang luar biasa. Mr. Sunshine mampu membawa penonton ikut menyelami suasana di tahun 1871 dan 1900-an awal. Adegan perang, perkelahian, hingga baku tembak yang ditampilkan di Mr Sunshine juga bikin Dek Maya berdecak kagum.

Pokoknya teknik pengambilan gambar bergerak, cara pengambilannya, shot, sampai warna di drama Korea Mr. Sunshine ini bikin takjub. Kabarnya pembuatan Mr. Sunshine ini juga menghabiskan biaya yang cukup besar, yakni sekitar 40 miliar won atau setara dengan Rp 537 miliar.

4. Kontroversi Mr. Sunshine

Perbedaan umur yang jauh antara pemain Mr. Sunshine yakni Lee Byung Hun dan Kim Tae Ri yang terpaut usia 20 tahun jadi kontroversi di kalangan netter. Banyak yang mengkritik karena mereka tidak cocok, tapi bagi Dek Maya sih cocok-cocok aja, chemistry antara Lee Byung Hun yang berusia 48 tahun dengan Kim Taeri yang berusia 28 tahun juga masih dapat dan bikin gemas.

Mr. Sunshine juga pernah mendapat protes keras dari penontonnya karena dinilai distorsi sejarah atau tak sesuai dengan sejarah termasuk karakter Yoo Yeon Seok. Banyak yang membuat petisi mengkritik para pembuat drama, karena Kim Eun Suk yang merupakan penulis naskah membuat rakyat membenci Joseon dengan alasan rasional. Drama juga menampilkan penjarahan Jepang dengan terfragmentasi serta budaya Joseon disampaikan dalam bentuk sepihak.

Eugene Choi dan Go Ae Shin
Eugene Choi dan Go Ae Shin

5. Belajar Politik

Tanpa disadari kamu sedikit banyak bisa belajar intrik dan taktik politik serta perang. Belajar dan paham gimana nilai nasionalisme dan patriotisme. Kapan lagi coba nonton drama bisa bikin kamu cerdas?

Spoiler dikit, salah satu yang bisa diambil pelajaran dalam drama Mr Sunshine adalah ketika Jepang ingin menguasai Joseon dengan mengeluarkan mata uangnya dan hanya berlaku di Joseon saja. Taktik biar Jepang bisa menguasai perekonomian di Jepang. Banyak hal lain yang bisa di dapat dari nonton Mr. Sunshine. Selain politik, Dek Maya juga belajar kalau The power of love itu can change the world.

Goo Dong Mae
Goo Dong Mae

6. Soundtrack Mr Sunshine Keren

Soundtrack nya juga sempurna, iya sempurna bikin hati Dek Maya tersayat. Lagu-lagunya juga beda loh. Di drama Mr. Sunshine ini soundtracknya ada juga yang pakai bahasa Inggris, berasa banget klasiknya. Soundtrack Mr. Sunshine sukses bikin Dek Maya mendayu-dayu dan jadi list favorit selama berminggu-minggu. Dari vokal sampai instrumental soundtrack Mr Sunshine bisa buat penonton terhanyut ke dalam suasana dan membekas di hati cerita dramanya.

Eugene Choi, Kim Hee Sung, Gu Dong Mae
Eugene Choi, Kim Hee Sung, Gu Dong Mae

Dek Maya rekomendasiin ini Drama Mr. Sunshine untuk kalian tonton. Cerita cintanya halus banget, ending yang dramatis. Drama yang baik adalah drama yang bisa memainkan perasaan penonton. Nah Mr Sunshine ini pintar sekali membawa perasaanku penuh bergejolak. Bikin ketawa, haru, sampai nangis sesenggukan. Selamat menonton Mr. Sunshine, drama terbaik sepanjang masa!

You Might Also Like

No Comments

    Tinggalkan Balasan