Review Drama dan Film

Review Reply 1988 : Masa Muda Berseri, Takkan Pernah Bisa Kembali.

Satu tahun lalu biasanya tiap minggu nungguin subtitlenya Reply 1988 yang tak kunjung ada. Satu tahun lalu Reply 1988 selalu jadi moodbooster dikala daku lelah liputan berita. Satu tahun berlalu tapi Reply 1988 masih membekas dihati. Dan selama setahun berlalu itu, gue udah nonton Reply 1988 sebanyak 4 kali. Ah waenyol gue gak pernah menyesal telah menghabiskan waktu lebih dari 30 jam untuk nonton Reply 1988. Nonton Reply 1988 bukan hanya sekedar hiburan semata, tetapi banyak makna dan pelajaran yang bisa gue ambil. Reply 1988 jadi drama terbaik yang pernah gue tonton sepanjang perjalanan gue nonton drama korea sejak 2009 lalu. Sama seperti dua series sebelumnya yakni reply 1997 dan reply 1994, benang merah Reply 1988 juga mengajak penonton untuk menebak siapa sebenarnya suami dari tokoh utama wanita. Penulis Reply 1988 ini memang jang alias daebak, dari inti cerita yang sederhana itu, pas di eksekusi menjadi sebuah drama buat penonton berdecak kagum, drama Reply 1988 seolah nyata, gue berasa bukan nonton drama tapi sedang menyaksikan kisah dan kehidupan seseorang. Di Reply 1988 tidak ada perebutan tahta kekuasaan dan harta warisan, tidak ada dendam dan benci, tidak ada intrik politik, tidak ada tokoh antagonis dan tindakan kejahatan. Yang ada hanyalah cinta, persahabatan dan kekeluargaan yang dikemas dengan gamblang, apik dan hangat.

Reply 1988 tayang di tvn pada 6 November 2015 dan berakhir pada 16 Januari 2016 (untuk namatin drama ini gue butuh waktu 2 bulan lebih). Pemain Reply 1988 ini diantaranya yaitu Lee Hyeri sebagai Duk Sun, Ryoo Joon Yeol sebagai Jung Hwan, Ko Gyung Pyo sebagai Sun Woo, Park Bo Gum sebagai Choi Taek, dan Lee Dong Hwi sebagai Dong Ryong. Dalam Reply 1988 mereka adalah tetangga yang tinggal di Ssamundong dan telah berteman akrab sejak kecil. Keluarga mereka juga saling dekat. Mereka selalu menghabiskan waktu bersama dan bermain di kamar Taek. Serunya dimana dek maya ? Duh percaya padaku, saat kalian nonton Reply 1988 kalian akan terhanyut dalam suasana dan perasaan senang, tertawa melihat persahabatan diantara mereka , pertemanan orang tua mereka, dan kisah cinta yang manis. 10 nilai untuk reply 1988, nilai yang sempurna untuk sebuah drama. Elu belum nonton reply 1988? Ah cupu, elo gak asix.

vlcsnap-2017-01-03-19h35m20s185

Tak kenal maka tak sayang, kenalan dulu yuk sama karakter-karakter unik para pemain Reply 1988 yang tentunya setiap pemain memiliki ciri khas, watak dan sifat yang dapat mengocok perut kalian, menguras emosi dan perasaan hingga menitikkan air mata haru.

vlcsnap-2017-01-03-19h00m00s091

Sung Duk Sun merupakan anak kedua dari tiga bersaudara pasangan Sung Dong Il dan Lee Il Hwa, ia merupakan keluarga miskin yang tinggal di lantai bawah basement rumahnya Jung Hwan. Menjadi wanita sendiri diantara sahabat-sahabat tetangganya membuat Duk Sun dihibahkan banyak cinta dari mereka sekaligus menjadi korban caci maki mereka. Karakter Duk Sun yang selalu energic, antusias, baik dan lucu benar-benar pas untuk Hye Ri, meskipun dalam kehidupan nyata Hyeri adalah seorang idol member group girls day, tapi ia memerankan Duk Sun totalitas banget. Keren banget dah aktingnya doi, mulai dari nangis, teriak-teriak, joget dan nari-nari gak jelas hingga sikap dewasanya dan berbudi pekerti udah cocok dan pas banget. Duk Sun paling gak bisa belajar ia hampir menjadi siswa peringkat terakhir di sekolahnya, bahasa inggrisnya jelek, hobinya adalah menulis diari saat sedang jatuh cinta dan berantem dengan kakaknya Sung Bora. Duk Sun adalah seorang gadis dengan karakter kuat, meski hidupnya susah ia selalu berusaha dan bekerja keras untuk mencapai sesuatu yang ia ingini.

reply-4

Kakak Duk Sun, Sung Bo Ra adalah seorang mahasiswa universitas Seoul dan menjadi kebanggaan keluarga serta kampungnya karena cerdas, hanya saja sifatnya yang dingin, galak dan jutek membuat ia ditakuti oleh semua orang. Hobinya adalah ikut aksi demo, lagu favorit Sung Bo Ra adalah lagu patriotisme, keras kepala dan gengsi untuk meminta maaf, meskipun begitu Bo Ra juga berhati hangat kok. Kemudian ada adiknya Duk Sun yakni Noh Eul, nah dia ini paling muda tapi mukanya paling tua, adik kesayangannya Duk Sun (inget dong adegan dimana Duk Sun berantem sama pacarnya Noh Eul gegara Duk Sun ngeliat Noh Eul nangis haha), Noh Eul pintar nyanyi dan selalu pasrah diapain aja oleh kedua kakaknya. Lalu ada Sung Dong Il, ayah duksun yang hobinya membeli barang tidak berguna demi membantu orang lain, padahal hidupnya juga sedang kesusahan. Kemiskinan yang terjadi di keluarganya diakibatkan karena dirinya meminjamkan banyak uang untuk orang lain. Ibu duk sun adalah istri sekaligus ibu yang paling sabar menghadapi kelakukan anak dan suaminya.

vlcsnap-2017-01-03-18h59m31s025

Lanjut ke keluarga Sun Woo, Sun Woo adalah seorang anak yang patuh dan taat pada ibunya, demi menjaga perasaan ibunya, ia rela menghabiskan masakan ibunya yang rasanya tidak enak. Sun Woo juga cerdas ia merupakan ketua osis di SMAnya. Diantara teman-temannya Sun Woo adalah anak yang paling normal. Meskipun begitu seleranya pada wanita cukup unik, ia jatuh cinta pada kakak Duk Sun, yaitu Bo Ra.

vlcsnap-2017-01-03-19h48m04s672

Selain patuh pada ibunya, Sun Woo juga sangat menyayangi adiknya, Jin Joo, sumpeh ini Jin Joo gemesin banget. Kerjaan Jin Joo ini ikut ngumpul dengan emak-emak lainnya, makan, nangis dan joget.

reply-2

Setelah itu kita kenalan dengan Kim Jung Hwan yang diperankan oleh Ryu Joon Yeol, anak bontot dari keluarga kim ini tipetipe pria yang tampang dan sikapnya bad boy tapi hatinya baik banget, tipe-tipe lain dimulut lain di hati. Hobinya ngomong kasar dan suka berantem dengan Duk Sun. Pintar memendam perasaannya, jago main sepak bola, di sekolah juga pinter. Dikeluarganya Jung Hwan paling misterius karena jarang curhat, hobinya minta uang saku yang banyak sama emaknya, Ra Mi Ran nyonya ceetah karena pakaiannya loreng-loreng. Terlalu banyak pertimbangan, ragu dalam bertindak dan kurang peka terhadap perasaan orang lain adalah keahlian jung hwan, namun demikian jung hwan gak pelit dan setia kawan. Pada mulanya hidup keluarga jung hwan miskin dan serba kekurangan, namun mereka mendadak kaya setelah, kakak Jung Hwan, Juk Bong berhasil memenangkan undian. Juk Bong tak pernah lulus ujian kuliah, hobinya aneh mulai dari seneng main game yg bukan lagi sesuai dengan umurnya, ngumpulin perangko, semua hal bisa dilakukan dengan baik olehnya kecuali belajar.

reply-3

Si Jung Hwan ini punya ayah yang konyol, kerjaannya suka bercanda, meskipun lawakannya terkesan jayus dan sering banget mendapat bunyi mbeeek, ayah Jung Hwan ini tetap tidak pernah kehabisan akal untuk bertingkah alay.

vlcsnap-2017-01-03-18h59m02s798

Kemudian ada Choi Taek yang diperankan oleh Park Bo Gum. Duh sebenernya si Bo Gum ini gue udah liat aktingnya dia jadi psikopat unyu di Hello Monster, dan pemain cello ganteng di Neils Cantabile, satu-satunya aktor di Reply 1988 yang gue tahu dia pernah main drama lain. Nah Choi Taek di Reply 1988 ini pinter main baduk, ia bahkan sering menang dalam ajang kompetisi kelas dunia, karena prestasi yang diraihnya dan kesibukannya dalam main baduk ini Choi Taek berhenti sekolah. Kamar Choi Taek adalah basecamp anak-anak lain . Meski disegani oleh orang lain karena prestasi baduknya, namun dimata teman-temannya Choi Taek adalah pria yanag tidak bisa melakukan apa-apa, tidak bisa memasak ramen, tidak bisa membuka tutup yogurt, tidak bisa menggunakan sumpit, tidak bisa memarkirkan mobil. Hobinya insomnia dan makan obat tidur, minjemin uang dengan jumlah banyak kepada teman yang baru dikenalnya di club baduk. Karena pembawaan yang kalem dan tidak pernah marah, Choi Taek sering diajarkan oleh teman-temannya untuk mengumpat dan berkata kasar. Choi Taek tinggal bersama ayahnya, sejak ibunya meninggal, ia dan ayahnya pindah ke Samundong. Meski sering terzolimi, diajak nakal oleh teman-temannya, dengan ekspresi datarnya, Choi Taek tetap berteman oleh mereka sejak kecil.

vlcsnap-2017-01-03-18h58m16s694

Dan yang terakhir adalah Dong Ryung, anak kepala sekolah yang hobinya bolos sekolah tapi punya keterampilan yang mumpuni di bidang tari atau dance. Diantara mereka berlima, Dong Ryung yang paling gak waras, otaknya rada gesrek hahaha senengnya ngentutin teman-temannya saat tidur bareng, sebelas dua belas sama Duk Sun masalah keceradasan. Dong Ryung ini tipe-tipe anak yang suka hura-hura nge gahul dan kekinian, sukanya ngajakin temen-temennya nonton bokep. Dibalik tampang dan hobi konyolnya, Dong Ryung ini yang paling bijaksana dan dewasa diantara sahabat-sahabatnya, Dong Ryung ini sering banget ngasih solusi ketika Duk Sun dan Jung Hwan curhat, Dong Ryung jago juga ngasih saran-saran terbaik untuk teman-temannya.

vlcsnap-2017-01-03-18h57m12s135

vlcsnap-2017-01-03-19h31m07s971

Kembali ke alur cerita Reply 1988 yang buat gue banyak tahu tentang makna kehidupan. Bagi sebagian orang yang lahir tahun 80an mungkin bisa sedikit bernostalgia melalui drama ini, tapi karena gue anak 90an, setidaknya gue bisa mengetahui gimana peradaban tahun 1988, tahun dimana Korea menjadi tuan rumah dalam pelaksanaan ajang olahraga olimpiade, dengerin lagu masih pake walkman, celana jeans baggy,  lagu nothings gonna change my love for you lagi ngehits abis pada masa itu, permainan jenis kecocokan nama untuk mengetahui apakah nama kita dan nama pasangan kita cocok atau tidaknya, kompor gas belum ada, penghangat ruangan masih pakai briket batubara, tradisi berbagi makanan dan tuker-tukeran makanan dari tetangga yang satu ke tetangga lainnya, curhat masih nulis diary, belum ada pager masih pakai telepon rumah. Kemudian keadaan dalam sistem pemerintahan dimana yang kaya tak berdosa, dan yang miskin yang bersalah, jika seseorang punya uang, dia bebas dan jika tak punya uang harus siap disalahkan, kesalahan dalam lingkungan. Dan di tahun 1988 ini Duk Sun jatuh cinta pada Sun Woo, tapi ternyata Sun Woo malah suka sama  Bo Ra, si Sun Woo ini selalu ke rumah Duk Sun meminjam barang-barang mulai dari kamus hingga benang jahit demi melihat Bo Ra. Kasian ya si Duk Sun.

reply-1

Lihat Duk Sun yang awalnya sok imut, centil dan manja-manja sama Sun Woo pas tahu, ternyata Sun Woo suka sama Bo Ra, Duk Sun langsung teriak, mengumpat dan menangis itu jadi hiburan tersendiri bagi gue, waenyol haha kisah cinta anak remaja banget yang bertepuk sebelah tangan. Apa yang dilakukan Duk Sun adalah cerminan gadis remaja 18 tahun.

vlcsnap-2017-01-03-19h53m18s179

Tidak hanya pada tahun 1988 di Reply 1988 ini juga menceritakan kisah pada tahun 1989 dan 1994.Di tahun 1989 ini mereka sudah kelas 3 SMA dan sibuk belajar, Duk Sun mulai rajin ke ruang belajar, meskipun ujung-ujungnya malah tidur, waenyol ! Tahun 1989 ini juga pengakuan luar biasa keluar dari Choi Taek yang menyatakan pada teman-temannya kalau ia menyukai Duk Sun bukan sebagai teman tapi sebagai wanita.

vlcsnap-2017-01-03-19h37m24s626

Awal tahun 89 Duk Sun mulai berpindah hati pada Jung Hwan, Duk Sun mulai penasaran dan curiga akan perhatian dan perasaan Jung Hwan. Dan yang paling pecah terbanyol di tahun 1989 adalah ketika nama Duk Sun di ubah menjadi Seo Yoon haha. Berdasarkan peramal yang didatangi oleh para emak-emak, jika Duk Sun ingin bisa kuliah, maka namanya harus di ganti.

vlcsnap-2017-01-03-19h56m38s739

Tahun berganti ke 1994, pager udah mulai marak, sudah ada komputer pentium satu, film hitsnya forrest gump. Tahun 1994, mereka telah dewasa, Sun Woo kuliah kedokteran, Jung Hwan sekolah pilot di tentara angkatan udara, Duk Seon menjadi pramugari dengan score TOIEC 700 waenyol haha,  Dong Ryung buka tempat restaurant bersama kakaknya. Jin Joo sudah besar, ayah Choi Taek menikah dengan ibu Sun Woo.

reply-8

Duk Sun mulai pacaran dengan orang lain tapi selalu gagal dan teman-temannya menghina kalau Duk Sun selalu diputusin oleh pacarnya, Duk Sun tak terima dan teriak kalau ia sebenarnya yg memutuskan hubungan. Duh Duk Sun udah dewasa masih aja di bully sama mereka haha. Taek sering melakukan kencan buta tapi gak pernah berpacaran mbeeeek. Jung hwan tak pernah kencan buta dan berpacaran.

reply-6

Di 1994 ini kisah cinta mereka belum selesai. penonton udah mulai heboh dan bersitegang siapa sebenarnya suami duksun, saking hebohnya penonton sampai terbagi menjadi dua kubu yakni team Taek dan team Jung Hwan, aku si kemarin ada di kubunya team Taek yeayeee.

vlcsnap-2017-01-03-20h00m06s583

Di tahun itu saat mereka telah dewasa banyak banget kejadian haru yang membuat gue menitikkan air mata, kejadian saat ayahnya Duk Sun pensiun dengan memberikan plakat terima kasih, aksi so sweet Jung Hwan untuk keluarganya, ia yang mencoba membahagiakan ibunya Ra Mi Ran karena sindrom menopause, kemudian pernikahan Bo Ra dan Sun Woo yang sebelumnya sempat tak direstui karena nama depan mereka sama (di Korea waktu itu pernikahan dengan nama depan sama takkan terdaftar, bakal dibilang kumpul kebo, dan kalau punya anak kelahirannya tak bisa didaftarkan).

vlcsnap-2017-01-03-20h06m52s740

Gue nangis pas pernikahannya karena sepatu yg diberikan Bo Ra untuk ayahnya kebesaran, surat yg diberikan ayahnya untuk Bo Ra, mereka menulis surat karena tak sanggup untuk bicara secara langsung, rasa sayang ayahnya pada Bo Ra ttg kelahirannya adalah permata paling berharga. Duh itu sedih haru gitu jadi inget bapake dan ngebayangin kalau gue nikah nanti hikshiks baper dah.

vlcsnap-2017-01-03-19h50m51s416

Dan episode terbaper dan tersedih adalah episode selamat tinggal cinta pertamaku, di episode itu dijelaskan bagaimana usaha Jung Hwan untuk Duk Seon. Ketika Jung Hwan mengungkapkan kalu dia menyukai Duk Sun sambil memberikan cincin, Jung Hwan mengaku apa saja yg sudah dilakukannya karena Duk Seon, agar bisa kesekolah dengan Duk Seon, setiap pagi Jung Hwan menunggu sejam lamanya di depan pintu, sampai Duk Seon pulang dari ruang belajar, Jung Hwan tak bisa tidur karena mencemaskannya. Saat mereka bertemu didalam bus scara tak sengaja, saat mereka pergi ke konser sama-sama, dan saat Jung Hwan menerima kemeja dari Duk Sun saat ulang tahunnya, Jung Hwan sungguh senang sekali sampai rasanya mau gila. Jung Hwan mengaku ingin bertemu dengan Duk Sun 12 kali sehari, dan saat bertemu dengan Duk Sun, Jung Hwan senang sekali. “aku sgt menyukaimu, aku mencintaimu,” penutup kata-kata Jung Hwan untuk Duk Sun. Sumpah ungkapan cinta paling romantis, selama 6 tahun ini dia memendam rasa sayangnya pada Duk Sun.

vlcsnap-2017-01-03-20h00m46s612

Tidak cuma itu saja, aksi lain dari Jung Hwan yang membuat gua tertegun adalah ketika Jung Hwan berlari mengendarai mobilnya untuk menemani duksun namun berkalikali tertahan oleh lampu merah, Jung Hwan menyalahkan lampu merah, kalau saja lampu merah sialan itu membiarkannya lolos sekali saja maka dirinyalah yang berdiri di depan duk sun layaknya takdir, cinta pertamanya selalu saja selalu saja tertahan oleh timing sialan itu, namun pada akhirnya Jung Hwan menyadari hal itu tidak disebabkan oleh masalah timing dan lampu merah melainkan sikapnya yang berkalikali ragu-ragu. Tapi dengan sikap sungguhsungguh dan tanpa ragu, Taek lebih bergairah dibandingkannya, dan Jung Hwan seharusnya lebih berani. Aahh kasian Jung Hwan. Sedih harus berpisah dengan reply 1988, detik-detik episode terakhir ketika satu persatu keluarga pindah, mulai dri keluarga Taek, Dong Ryung, Jung Hwan, dan keluarga Duk Seon yg terakhir pindah. Ssangmundong jadi sepi.

vlcsnap-2017-01-03-20h08m38s406

Dan ini kata-kata terakhirnya Duk Sun di awal tahun 2016 saat mengingat Ssamundong dan masa mudanya.

Tapi kalau kembali harus dengan mereka. Aku ingin kembali, aku ingin ketemu seseorang, orang tuaku saat masih muda dan sebesar gunung, aku ingin melihatnya, mereka sudah tua kan, bisa apa kalau waktu berlalu. Kutakbisa kembali ke masa muda atau jalan ini keduanya sama. Waktu selalu berlalu, semuanya berlalu, semua menua, mungkin itu sebabnya masa muda itu indah, berseri sangat ceria dalam sesaat tapi takkan pernah bisa kembali. Saat dimana ait mata menetes, masa mudaku begitu juga. Merindukan saat itu dan jalan itu bukan karena kurindukan versi mudaku, tempat masa muda ayahku, ibuku dan temanteman, tempat yang meninggalkan masa muda dari segala yg kusayang. Pada waktu yg sudah berlalu, aku ingin bilang selamat tinggal. Selamat tinggal masa mudaku, selamat tinggal Ssangmundong.

vlcsnap-2017-01-03-19h44m07s471

Duksun Joget Aneh

Bobo Bareng

Bobo Bareng

vlcsnap-2017-01-03-19h41m39s943

Para Tetangga Ssangmundong

Huwah dari semua episode yang ada di Reply 1988 ini gue dapet paket combo lengkap tentang keluarga dimana peran ayah dan ibu bagi anak-anaknya. Ibu adalah orang yang kuat dan ayah bagaikan pohon yang tak pernah berhenti memberi, orang tua yang selalu merasa bahwa kebahagiaan dan kesehatan anak-anaknya adalah diatas segalanya, tentang  persahabatan sepanjang waktu lima sekawan ini, saat mereka menghabiskan masa muda bersama, nonton bareng, curhat bareng, bobo bareng, saling support membantu dan menghibur, kebersamaan yang tetap ada meskipun mereka telah memiliki kesibukan masing-masing, dan tentang cinta akan pengorbanan, sikap dan takdir.

reply-7

Kisah cinta dan gaya pacarannya Taek dan Duksun yang lucu tapi sweet mengulaskan senyum lebar di bibir gue, cekikikan macem kuntilanak ketawa di kamar sendirian haha. Kalau ada kata lain diatasnya keren, tolong beritahu gue, biar gue bisa ngasih itu kata buat Reply 1988.

reply-5

For the last adalah kata-kata bijak yang gue ambil dari reply 1988

  • Tak perlu memaksakan kebenaran jd kebahagiaan, kadang kau hanya butuh ilusi agar bahagia.
  • Anak yg seperti org dewasa hanyalah anak yang tak protes,mereka hanya menyesuaikan diri dengan lingkungan orang dewasa dan besar dengan terbiasa akan ilusi disekitarnya, anak yg seperti org dewasa hanyalah anak, ilusinya singkat, tapi kesalahpahaman bisa berlangsung lama, itu sebabnya ilusi menawarkan kebebasan sementara kesalahpahaman menjatuhkanmu.
  • Persahabatan tercipta hanya dengan waktu
  • Jika kau bodoh setidaknya kau harus berusaha keras.
  • Tak ada yang lebih bosan dan menganggap lebih murahan dibanding sesuatu yang sudah jadi milik mereka sejak dulu. Bagaimanapun juga, cara lain untuk mengatakan murahan dan bosan adalah dengan terbiasa dan nyaman. Perasaan terbiasa hanya muncul dengan menghabiskan waktu yang lama, dan hanya dengan mereka yang merasa nyaman, bisa sangat mengenalku, memelukku dan menghiburku. Kadang kau bosan akan sesuatu dan tampaknya murahan bahkan hingga kau tak mau menatapnya, tapi di dunia ini yang bisa melindungiku hanya orangorangku.  Mereka yang aku sudah terbiasa dan kurasa nyaman, mereka yang jadi orangorangku sejak dulu adalah mereka yang kau takkan bisa berhenti mecintai. Kita tak bisa berhenti mencintai mereka, kau tak bisa apaapa selain mencintai mereka.
  • Saat seseorang sudah waktunya mampu menghibur ibunya, itu saat dia sudah dewasa dan sanggup bilang terima kasih dan aku mencintaimu, jika ingin membuat ibu bahagia, kata-kata aku butuh ibu sudah lebih dari cukup.
  • Jika wanita bersikap konyol dan aneh di depanmu itu berarti dia tidak menganggapmu sebagai pria, biasanya wanita beetingkah imut dan manis dihadapan pria yang disukainya.
  • Perasaan tak bisa diungkapkan dengan katakata, itu sebabnya satu tindakan saja sudah menunjukkan kehangatan. Di dunia yg dingin dan kejam ini, yang diizinkan mendapatkan kehangatan dan hidup selayaknya bukanlah kata bijak atau ungkapan sopan dan lucu, tapi ungkapan hangat yang dipenuhi perasaan sebenarnya dan tidak sopan.
  • Dalam hidup kadang kau berhutabg dengan orang lain atau menyusahkan orang lain, biasa kok, semuanua begitu, jangan tahan deritamu sendirian.
  • Mencintai bukan cuma masalah ingin  memberikan sesuatu, tapi sangat ingin memberikan sesuatu. Mencintai seseorang bukan hanya berarti kau suka dia didekatmu, tapi juga kau suka menyesuaikan diri dengannya, dan mencintai seseorang berarti tak peduli betapa sakitnya, atau sedihnya garagara dia, kau rasanya ingin membencinya tapi tak bisa hanya saja tak bisa.
  • Pahlawan dihidup kita, muncul drumana saja untuk memperbaiki masalah, mereka semua adalah orang biasa yg jatidirinya masih tersembunyi.
  • Tak ada yg tahu sesulit, menakutkan, menyedihkan dan ketidakadilan apa yg harus dihadapi ayah sepanjang hidupnya, sekarang alasan mereka bertahan meskipun dunia tak adil, menyedihkan, menakutkan dan sulita dalah karena ada yang harus mereka lindungi karena mereka punya keluarga yang bergantung pada mereka sebagai ayah.
  • Takdir tidak datang padamu setiap saat,penggunaan kata takdir sering kali haruslah melalui momen dramatis yang dibawa oleh kebetulan itulah yang disebut takdir. Itu sebabnya kata lain dari takdir adalah timing. Dan pada akhirnya takdir dan timing tidk terjadi karena kebetulan, itu adalah mujizat yg timbul dari pilihan yang kita buat dengan penuh semangat. Bersikap tegas dan membuat keputusan tanpa raguragu hal itu yang menciptakan timing.
  • Hidup layaknya sekotak coklat, kau tidak pernah tahu apa yang akan kau dapatkan, meskipun aku memilih coklat yg paling pahit, tidak bisa aku apaapakan, itulah takdir yang aku pilih, tak perlu ada penyesalan dan tidak perlu ada air mata, tidak perlu patah hati.
  • Waktu tak berlalu begitu saja buat kita, tapi buat semua, bisa protes kesiapa? Terima dan jalani saja.

You Might Also Like

No Comments

    Tinggalkan Balasan